Ada begitu banyak cara untuk melancarkan asi. Tidak hanya dari makanan yang di konsumsi ibu saja. proses ini juga bisa dilakukan sejak masa kehamilan. Jangan hanya dimulai saat awal menyusui. Karena di masa kehamilan terakhir, tubuh sudah mulai memproduksi asi. Anda bisa konsumsi saripati ayam untuk melancarkan asi. Selain itu bisa melakukan pijatan relaksasi. Pijatan payudara ini memiliki banyak manfaat. Bisa ibu lakukan di saat masa kehamilan.

Saat masa kehamilan, payudara ibu akan berubah seiring bertambahnya umur janin. Hal ini dikarenakan faktor hormon yang mempengaruhi perubahan tersebut. Payudara akan disiapkan untuk bisa menyusui si kecil. Banyak ibu yang mengalami perbesaran payudaran. Di akhir trimester kedua dan trimester ketiga, seringkali sudah keluar air susunya. Lalu apa saja manfaat memijat payudara bagi ibu?berikut ini penjelasannya.

Bisa Membuat Tubuh Relaksasi

Kebiasaan memijat payudara akan membuat ibu lebih rileks. Ibu hamil dan menyusui biasanya merasakan tubuh lebih cepat lelah dan otot kaku. Apalagi di masa trimester terakhir kehamilan. Badan lebih mudah sakit dan kaku. Bagian payudara juga akan terasa lebih tegang dan sakit. Dengan melakukan pemijatan, membuat otot lebih tenang dan tubuh ibu juga lebih bahagia.

Meningkatkan Produksi ASI

Dengan melakukan pemijatan secara rutin, selama masa kehamilan bisa membantu meningkatkan produksi asi. Tentunya ini akan memberikan kemudahan bagi anda. Dan dibarengi dengan konsumsi makanan bergizi. Salah satunya dengan konsumsi saripati ayam untuk melancarkan asi. Teknik pemijatan tidak boleh sembarangan, ada teknik sendiri yang harus dilakukan.

Meningkatkan Sirkulasi Darah Di Payudara

Sirkulasi darah yang lancar memberikan banyak manfaat. Pemijatan di sekitar payudara bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah di sekitar payudara atau drainase limfatik. Ini bisa membuat payudara terhindar dari pembengkakan dan mengganggu proses produk asi. Payudara yang membengkak akan membuat ibu kurang nyaman.

Mengatasi Ketidaknyamanan Selama Masa Kehamilan

Ada banyak keluhan yang dirasakan ibu selama masa kehamilan. Salah satunya rasa nyeri dan pegal di sekitar payudara. Ini akan membuat ibu kurang nyaman beraktivitas. Dengan pemijatan normal akan menghilangkan rasa ketidaknyamanan ini dan membuat ibu lebih nyaman beraktivitas.

Mencegah Kanker Payudara

Menurut sebuah penelitian, pemijatan di payudara bisa mengurangi resiko kanker payudara. Sel payudara tumbuh normal dan tidak menimbulkan efek kanker. Apalagi pemijatan dilakukan oleh suami. Ini bisa membuat keintiman hubungan dengan suami semakin baik.

Cara Memijat Payudara Yang Benar

Lalu bagaimana cara memijat payudara yang benar? Ibu bisa menggunakan minyak kepala virgin atau minyak zaitun untuk memijat payudara. Kemudian posisikan tubuh berbaring atau setengah berbaring. Lakukan pemijatan mulai dari kelenjar getah bening di sekitar ketiak. Pemijatan ini akan membuat racun dan darah mengalir. Lalu remas dibagian areola supaya darah semakin lancar.

Jangan melakukan pemijatan terlalu keras, karena bisa merusak jaringan kelenjar. Ibu harus tahu rasa sakit yang dirsakan. Lakukan pemijatan spiral dari luar ke putting bagian dalam. Jika ibu merasakan suhu lebih hangat berarti aliran darah sudah semakin baik. lakukan pemijatan ini secara rutin setiap harinya.

Selain melakukan pemijatan, anda harus konsumsi makanan atau suplemen pelancar asi. Salah satunya saripati ayam untuk melancarkan asi. Produk ini akan membuat kualitas dan kuantitas asi semakin baik. sehingga ibu bisa menyusui buah hati secara maksimal. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.