Islam sangat penting untuk memilih nama yang baik. Bahkan, itu adalah hak bayi untuk dihormati dengan nama yang bermakna. Dalam Hadits, Nabi Muhammad mengatakan bahwa pada hari kebangkitan seseorang akan dipanggil dengan namanya dan nama ayahnya. Jadi apa yang bisa lebih baik daripada memberikan nama sahabi pada bayi laki-laki Anda?

Aṣ-ṣaḥābah, yang berarti ‘sahabat’, mengacu pada para murid, sahabat, teman, kerabat, keluarga, dan coretan Nabi Muhammad. Mereka hidup pada saat yang sama dengan Rasulullah dan dianggap memiliki kaliber tertinggi, setelah para nabi. Pada artikel ini, kami mencantumkan beberapa nama sahabi cantik untuk anak laki-laki yang dapat Anda pertimbangkan. Berikut daftar nama bayi laki-laki dalam Islam yang bisa Anda pilih.

Daftar Nama Bayi Muslim Untuk Anak Laki-Laki

  1. Abbad:

Abbad ibn Bishr, sahabat Nabi Muhammad dikenal karena penyembahan, pengabdian, keberanian dan pengetahuan yang ditampilkan dalam pertempuran. Dia benar-benar terpesona oleh Al-Quran ketika pertama kali mendengarnya dibacakan oleh Musab ibn Umayr. Nama Arab yang indah ini berarti ‘penyembah Allah’ atau ‘hamba Allah’.

  1. Abd:

Abd al-Rahman ibn ‘Awf, seorang sahabat, adalah salah satu orang pertama yang menerima Islam. Nama aslinya adalah Abdu Amru, tetapi Nabi Muhammad mengganti namanya menjadi Abd al-Rahman setelah pertobatannya. Abd berarti ‘budak Allah’.

  1. Adiyy:

Nama yang indah ini, yang berarti ‘prajurit’ dikaitkan dengan seorang sahabah yang juga merupakan pemimpin suku Arab Tayy, Adiyy ibn Hatim. Adiyy (juga dieja Adi) ibn Hatim juga merupakan bagian dari pasukan Islam pada masa Abu Bakar. Adi berarti ‘sekelompok prajurit’.

  1. Ahnaf:

Ahnaf adalah salah satu nama sahabi paling indah untuk anak laki-laki menurut pendapat kami. Itu juga nama sahabi yang disebut Al-Ahnaf Ibn Qays, seorang jenderal Muslim yang hidup pada zaman Nabi Muhammad. Nama Ahnaf berarti ‘di jalan lurus’ atau ‘penyembah Allah’.

  1. Ammar:

Ammār ibn Yāsir ibn ʿĀmir ibn Mālik Abū al-Yaqzān, salah satu Muhajirun Islam, dikenal karena pengabdiannya pada agama ini. Dia dianggap sebagai salah satu sahabat nabi yang paling dicintai, itulah sebabnya dia menempati posisi tinggi dalam Islam. Nama Ammar berarti ‘pembangun atau orang yang memelihara dan merawat sesuatu’. Itu juga berarti ‘orang yang pekerja keras dan berhati-hati’.

  1. Anas:

 

Anas ibn Nadhar milik suku Banu Khazraj dan merupakan salah satu sahabat Nabi Muhammad. Dia bertempur dengan gagah berani melawan kaum musyrik sampai dia mati syahid dalam Pertempuran Uhud. Anas berarti ‘tidak ada rasa takut dan khawatir’. Itu juga bisa berarti ‘seseorang yang bisa membawakanmu sukacita dan kedamaian’.

  1. Arqam:

Al-Arqam Ibnu Abi’l-Arqam, juga seorang sahabah, adalah pemilik rumah tempat pertemuan komunitas Muslim awal diadakan. Dia awalnya milik klan Makhzum dari suku Quraish. Arqam berarti ‘sejenis ular hitam dengan bintik-bintik putih di atasnya’.

  1. Asim:

Asim ibn Thabit, seorang sahabi milik generasi pertama Muslim, membantu Nabi Muhamad bermigrasi ke Madinah. Dia bahkan berpartisipasi dalam Pertempuran Badr. Asim berarti ‘pelindung, perisai, atau wali’.

  1. Bilal:

Nama Arab kuno ini sangat populer di Bosnia dan Turki dan kadang-kadang digunakan di AS juga! Itu terikat dengan Bilal ibn Rabah, salah satu sahabab Nabi Muhammad yang paling terpercaya dan setia. Arti Bilal adalah ‘air’ atau ‘minuman dingin’

  1. Dihyah:

Dihyah bin Khaleefah al-Kalbi adalah seorang shahabat Nabi Muhammad. Namanya, yang berarti ‘komandan militer’, adalah pilihan yang sempurna bagi orang tua yang ingin putra mereka tumbuh menjadi pria yang berani dan pemberani, seperti halnya personil militer.

  1. Fadl:

Fadl ibn Abbas, sepupu Nabi Muhammad dan saudara laki-laki Abdullah ibn Abbas, adalah salah satu dari orang-orang sahabah yang sangat berperang di Pertempuran Hunayn. Fadl, diucapkan sebagai ‘Fazl’ berarti ‘perbuatan baik atau perbuatan mulia’.

  1. Fayruz:

Fayruz al-Daylami, sahabat Persia dari Nabi Muhammad, adalah salah satu dari Abna Yaman. Dia meninggalkan kesetiaannya pada Choroes dan mengakui Islam ketika dia menjadi yakin dengan Nabi Muhammad dan sifat ilahi-Nya. Fayruz berarti ‘pirus’.

  1. Hakim:

Hakim ibn Hizam adalah keponakan Khadijah, yang lahir di dalam kandang Ka’bah di Mekah. Hakim, dalam semua variasinya, adalah salah satu dari 99 nama Allah, dengan demikian salah satu yang paling populer. Faktanya, ini adalah salah satu nama yang naik paling cepat di AS. Hakim berarti ‘terpelajar, sarjana atau hakim yang bijak’.

  1. Hanzala (atau Hanzalah):

Hanzala bin Abi Amir, salah satu sahabat Nabi Muhammad berasal dari suku Banu Aus di Ansar. Dia meninggal pada usia muda 24 saat berperang melawan kaum musyrik dalam Pertempuran Uhud. Hanzala berarti ‘tanaman yang menawarkan buah pahit untuk penggunaan obat’.

  1. Harith:

Harith ibn Rabi, salah satu sahab Nabi Muhammad membantunya dalam pertempuran Hudaybiyyah dan Uhud. Harith adalah nama yang terdengar tidak konvensional dan modern, yang berarti ‘petani, pembajak atau pembudidaya’ dalam bahasa Arab

  1. Hashim:

Hashim ibn Utbah bin Abi Waqas, keponakan Sa’d ibn Abi Waqqas, dan sahabah Nabi Muhammad, dikenal karena partisipasinya dalam Perang Ridda melawan suku-suku Arab yang memberontak. Nama Hashim berarti ‘Penghancur Kejahatan’

  1. Hassan:

Hassan adalah salah satu nama Arab yang paling umum dengan makna yang indah, ‘untuk menjadi cantik, untuk menjadi baik’. Ini terkait dengan Hassan ibn Thabit, sahabah yang menulis puisi untuk membela Nabi Muhammad.

  1. Hatib:

Hatib bin Abi Balta’ah adalah seorang Sahabat yang bertanggung jawab untuk mengantarkan surat Nabi Muhammad kepada Al-Muqawqis, penguasa Mesir. Hatib adalah salah satu nama Arab yang paling dikenal, yang berarti ‘Kayu bakar atau pengumpul kayu’.

  1. Hubab:

Al-Hubab ibn al-Mundhir bin Zayd, seorang shahabat penting, dan Ansar dari suku Khazraj, berpartisipasi dalam pertemuan di saqifah setelah Nabi Muhammad berhasil. Hubab adalah nama Arab yang indah, yang berarti ‘kekasih’

  1. Hudhayfah:

Jika Anda mencari nama Arab kuno, Hudhayfah adalah pilihan yang tepat. Hudhayfah ibn al-Yaman adalah salah satu sahabat tepercaya Nabi Muhamad dan berpartisipasi dalam semua pertempuran, kecuali Badr.

  1. Hussein:

Hussein adalah nama kecil dari Hasan, nama Arab yang umum. Nama ini muncul ketika Nabi Muhamad menganugerahkan cucunya. Nama ini berarti ‘tampan’, ‘saleh’, ‘santun atau lembut’ akrab dengan nama Raja Jordon.

  1. Ibrahim:

Ibrahim ibn Muhammad adalah nama putra Nabi Muhammad dan Maria al-Qibtiyya. Diyakini bahwa anak itu dinamai menurut nama Abraham, seorang nabi yang umum bagi orang Yahudi dan Arab. Nama ini, yang berarti ‘bapak orang banyak’ telah digunakan dengan baik oleh orang tua Muslim di Timur Tengah dan AS.

  1. Ikrimah:

Ikrimah ibn Amr ibn Hisham awalnya adalah salah satu penentang utama Nabi Muhammad di Mekah. Tapi kemudian dia masuk Islam dan menjadi pemimpin Muslim awal yang menonjol. Nama ini memiliki arti yang sangat tidak biasa, ‘merpati betina’

  1. Imran:

Imran ibn Husain, seorang Qazi dan sahabat Nabi Muhammad adalah narator hadits yang terkenal. Baik Imran dan ayahnya Husain ibn Ubayd masuk Islam tujuh tahun setelah Hijra. Imran adalah nama penting modern yang terdengar modern tetapi tidak memiliki makna yang diketahui.

  1. Ishaq:

Ishaq al-Ghanawy juga merupakan salah satu sahabas paling terkenal dari Nabi Muhammad. Dan nama Ishaq memiliki makna yang luar biasa juga, ‘orang yang tertawa’. Itu juga berarti seorang ‘nabi’.

  1. Jabir:

Jabir ibn ʿAbdullah ibn ʾAmr ibn Haram al-Ansari masih sangat muda, baru sekitar 7, ketika ia memeluk Islam. Sejarawan mengatakan bahwa Jabir bin ʿAbdullah ibn ʾAmr ibn Haram al-Ansar berpartisipasi dalam 19 pertempuran, termasuk Pertempuran Badr. Arti Jabir adalah ‘penghibur’ atau ‘orang yang mendukung dan merawat anak yatim dan orang miskin’.

  1. Jabr:

Jabr pada awalnya adalah seorang budak muda Kristen milik suku Banu i-Hadrami. Nama Jabr, yang berarti ‘untuk memperbaiki atau memaksa’ memiliki aliran puitis dan suara yang indah, menjadikannya sempurna untuk seorang anak muda.

  1. Jafar:

Jafar adalah nama sahabat Nabi Muhamad, putra ketiga Abu Thalib bin Abdul Muttalib dan kakak lelaki Ali. Nama ini, yang berarti ‘sungai’ atau ‘sungai’ telah digunakan di AS sejak tahun 1975.

  1. Julaybib:

Julaybib adalah nama seorang martir dan salah satu sahabah Nabi Muhammad yang kurang dikenal. Namanya berarti ‘kecil’, yang menunjukkan dia pendek atau kecil, atau bahkan seperti kerdil.

  1. Ka‘b:

Nama yang unik dan indah ini dikaitkan dengan Ka‘b ibn Zuhayr, sahabah, dan penyair Arab abad ke-7. Dia bahkan penulis Bānat Suʿād, sebuah puisi yang ditulis untuk memuji Nabi Muhammad. Nama Arab laki-laki ini, kadang-kadang dieja Kaab, bahkan digunakan oleh orang Yahudi Arab pada abad ke-1, dan berarti ‘mulia’, ‘tinggi’ atau ‘hormat’.